BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Sejak
ditemukannya komputer pertama kali, manusia terus melakukan penelitian untuk
menciptakan cara baru dalam berinteraksi dengan dunia maya yang diciptakan
komputer tersebut. Dimulai dari display berbasis teks (text based interface)
yang masih terbatas pada command line yang digunakan pada komputer
generasi pertama sejak tahun 1940an,sehingga diciptakannya teknologi display graphic
user interface (GUI) yang biasa kita gunakan saat ini. Tidak hanya berhenti
sampai disitu, teknologi-teknologi baru terus bermunculan guna meningkatkan
interaktifitas antara pengguna dan komputer.
Sejalan
dengan perkembangan tersebut, muncullah teknologi realitas maya atau biasa
disebut dengan virtual reality (disingkat menjadi VR). Realitas maya
yaitu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu
lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment),
suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan baru
yang hanya ada dalam komputer. Dalam virtual reality, informasi mengenai
dunia virtual yang ditampilkan ke indra pengguna dapat bersifat visual menggunakan
layar atau head mounted display, audio menggunakan headphone, kontroler,
dan bahkan sentuhan menggunakan sarung tangan khusus. Namun, pada
perkembangannya virtual reality memiliki cabang baru yang bahkan
menyaingi Virtual reality itu sendiri. Teknologi tersebut bernama Augmented
Reality (sering disingkat menjadi AR)
Prinsipnya, yaitu bersifat interaktif, immersion,
realtime, dan objek virtual berbentuk 3 dimensi. Namun kebalikan
dari virtual reality yang menggabungkan objek nyata (user) kedalam
lingkungan virtual, augmented reality menggabungkan objek virtual pada
lingkungan nyata. Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual
reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah.Sehingga tak
seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara
terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality merebak secara cepat
di berbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh pendahulunya
tersebut. Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat
diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam
sebuah smartphone,dalam bingkisan sebuah produk, bahkan media cetak
seperti buku, majalah atau Koran,melihat kelebihan tersebut penulis berniat
untuk mengembangkan suatu aplikasi berbasis Augmented Reality,Dengan mengangkat
Tema “Brosur Virtual Universitas Gunadarma Berisi Informasi 3D”.
1.2. Ruang Lingkup
Penelitian ini mengembangkan
Augmented Reality untuk media
mempromosikan Universitas Gunadarma kepada para calon mahasiswa dalam bentuk
brosur virtual.
1.3. Tujuan Penelitian
Tujuan utama
dari penelitian ini yaitu membuat suatu aplikasi Augmented Reality untuk
media mempromosikan Universitas Gunadarma. Adapun tujuan khususnya yaitu:
a.
Didapatkannya kajian mengenai cara merancang dan mengembangkan brosur
virtual berbasis augmented reality.
b.
Mengetahui kelayakan media promosi berbasis augmented reality yang
dikembangkan sebelum diujicobakan secara terbatas.
c. Mengetahui
Penilaian dan tanggapan calon Mahasiswa terhadap media promosi berbasis augmented
reality yang dikembangkan.
1.4 Metode Penulisan
1.4.1 Analisis Permasalahan
Penulis
menganalisis suatu masalah yaitu Bagaimana
mengembangkan brosur untuk kegiatan mempromosikan Universitas Gunadarma,kemudian
penulis mencari solusi memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat brosur
virtual berbasis Augmented Reality.
1.4.2
Perancangan
Perancangan dan implementasi sistem akan
digunakan dengan mendesain
metode-metode
yang ada dan diimplementasikan dengan menggabungkan
metode-metode
tersebut sehingga didapatkan hasil yang diinginkan.
1.4.3 Pengujian Sistem
Pengujian sistem dengan berbagai macam masukan
dan jenis hardware yang
ada.
Pengujian sistem diperlukan untuk mengetahui kecepatan
penggambaran
sistem dan menentukan hardware minimum yang diperlukan
untuk
menjalankan system.
1.4.4 Implementasi
Tahap ini adalah tahap terakhir yang
dilakukan penulis,yaitu mengujikan brosur virtual yang di buat oleh penulis
dengan menggunakan Augmented Reality.
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini
berisi latar belakang yang menjelaskan masalah yang di hadapi dan batasan
masalah,tujuan penulisan,metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini
berisi tentang landasan teori dari perintah-perintah yang terdapat dalam
ARToolkit yang di gunakan untuk menjadi dasar referensi penulisan ini.
BAB III : ANALISIS PEMBAHASAN
Pada bab ini
penulis menganalisis dan membahas tentang proses pembuatan Brosur Virtual berbasis Augmented Reality .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini
berisikan ringkasan dari penulisan ilmiah yang meliputi kesimpulan dan
saran.Dan sebagai bab terakhir dalam penulisan ilmiah ini.
nice post...
BalasHapusabang cek emailny dong.. ada request tuh..