24.4.12

Tugas Sisatem Informasi


      BAB I

PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang

Sejak ditemukannya komputer pertama kali, manusia terus melakukan penelitian untuk menciptakan cara baru dalam berinteraksi dengan dunia maya yang diciptakan komputer tersebut. Dimulai dari display berbasis teks (text based interface) yang masih terbatas pada command line yang digunakan pada komputer generasi pertama sejak tahun 1940an,sehingga diciptakannya teknologi display graphic user interface (GUI) yang biasa kita gunakan saat ini. Tidak hanya berhenti sampai disitu, teknologi-teknologi baru terus bermunculan guna meningkatkan interaktifitas antara pengguna dan komputer.
Sejalan dengan perkembangan tersebut, muncullah teknologi realitas maya atau biasa disebut dengan virtual reality (disingkat menjadi VR). Realitas maya yaitu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan baru yang hanya ada dalam komputer. Dalam virtual reality, informasi mengenai dunia virtual yang ditampilkan ke indra pengguna dapat bersifat visual menggunakan layar atau head mounted display, audio menggunakan headphone, kontroler, dan bahkan sentuhan menggunakan sarung tangan khusus. Namun, pada perkembangannya virtual reality memiliki cabang baru yang bahkan menyaingi Virtual reality itu sendiri. Teknologi tersebut bernama Augmented Reality (sering disingkat menjadi AR)
Prinsipnya, yaitu bersifat interaktif, immersion, realtime, dan objek virtual berbentuk 3 dimensi. Namun kebalikan dari virtual reality yang menggabungkan objek nyata (user) kedalam lingkungan virtual, augmented reality menggabungkan objek virtual pada lingkungan nyata. Kelebihan utama dari Augmented reality dibandingkan Virtual reality adalah pengembangannya yang lebih mudah dan murah.Sehingga tak seperti virtual reality yang sampai saat ini masih digunakan secara terbatas oleh kalangan tertentu, augmented reality merebak secara cepat di berbagai bidang yang bahkan belum dapat dijangkau oleh pendahulunya tersebut. Kelebihan lain dari augmented reality yaitu dapat diimplementasikan secara luas dalam berbagai media. Sebagai aplikasi dalam sebuah smartphone,dalam bingkisan sebuah produk, bahkan media cetak seperti buku, majalah atau Koran,melihat kelebihan tersebut penulis berniat untuk mengembangkan suatu aplikasi berbasis Augmented Reality,Dengan mengangkat Tema “Brosur Virtual Universitas Gunadarma Berisi Informasi 3D”.




1.2. Ruang Lingkup

            Penelitian ini mengembangkan Augmented Reality untuk  media mempromosikan Universitas Gunadarma kepada para calon mahasiswa dalam bentuk brosur virtual.
                               
1.3. Tujuan Penelitian

Tujuan utama dari penelitian ini yaitu membuat suatu aplikasi Augmented Reality untuk media mempromosikan Universitas Gunadarma. Adapun tujuan khususnya yaitu:
a. Didapatkannya kajian mengenai cara merancang dan mengembangkan brosur virtual  berbasis augmented reality.
b. Mengetahui kelayakan media promosi berbasis augmented reality yang dikembangkan sebelum diujicobakan secara terbatas.
c. Mengetahui Penilaian dan tanggapan calon Mahasiswa terhadap media promosi berbasis augmented reality yang dikembangkan.

1.4 Metode Penulisan

1.4.1 Analisis Permasalahan

                Penulis menganalisis suatu masalah yaitu Bagaimana mengembangkan brosur untuk kegiatan mempromosikan Universitas Gunadarma,kemudian penulis mencari solusi memecahkan permasalahan tersebut dengan membuat brosur virtual berbasis Augmented Reality.
1.4.2 Perancangan
Perancangan dan implementasi sistem akan digunakan dengan mendesain
metode-metode yang ada dan diimplementasikan dengan menggabungkan
metode-metode tersebut sehingga didapatkan hasil yang diinginkan.
1.4.3 Pengujian Sistem
Pengujian sistem dengan berbagai macam masukan dan jenis hardware yang
ada. Pengujian sistem diperlukan untuk mengetahui kecepatan
penggambaran sistem dan menentukan hardware minimum yang diperlukan
untuk menjalankan system.
1.4.4 Implementasi
            Tahap ini adalah tahap terakhir yang dilakukan penulis,yaitu mengujikan brosur virtual yang di buat oleh penulis dengan menggunakan Augmented Reality.
                                                                                                                  



1.5 Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
            Pada bab ini berisi latar belakang yang menjelaskan masalah yang di hadapi dan batasan masalah,tujuan penulisan,metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
            Pada bab ini berisi tentang landasan teori dari perintah-perintah yang terdapat dalam ARToolkit yang di gunakan untuk menjadi dasar referensi penulisan ini.

BAB III : ANALISIS PEMBAHASAN
            Pada bab ini penulis menganalisis dan membahas tentang proses pembuatan Brosur Virtual berbasis Augmented Reality .
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
            Pada bab ini berisikan ringkasan dari penulisan ilmiah yang meliputi kesimpulan dan saran.Dan sebagai bab terakhir dalam penulisan ilmiah ini.
Augmented Reality ygebih jauhAugmented Reality ygebih jauh

1 komentar: